Senin, 14 November 2011

Komputer Adalah Sekutu Dalam Perlawanan Berhenti Merokok

Studi Menunjukkan Web dan Komputer Berbasis Program Membantu Perokok Berhenti
Sebagai setiap perokok tahu, sangat luar biasa keras untuk berhenti, tetapi bantuan mungkin sedekat dengan keyboard komputer Anda, penelitian baru menunjukkan.
Web-dan- program komputer berbasis penghentian merokok, termasuk beberapa yang interaktif, tampaknya lebih efektif, ditunjukkan sebuah studi dalam Archives of Internal Medicine.
Seperti metode alternatif yang hemat biaya untuk menelepon hotlines atau layanan konseling, peneliti studi Joel Moskowitz, PhD, memberitahu WebMD. Moskowitz adalah direktur Pusat Kesehatan Keluarga dan Masyarakat di University of California, Berkeley School of Public Health.
Web-based program umumnya membantu pengguna mengevaluasi manfaat dari berhenti merokok, memberitahukan mereka "berapa banyak uang yang dapat Anda simpan, berapa lama Anda akan hidup," ujarnya. "Mereka menyiapkan imbalan bagi para perokok. Beberapa adalah forum diskusi, seperti blog. Pada beberapa lainnya Anda dapat memposting gambar. Beberapa ada ratusan ribu orang yang masuk dan keluar."
"Beberapa ada 'meter keluar' yang dapat Anda download ke desktop Anda," ujar Moskowitz. "Mereka membantu Anda melacak berapa lama Anda telah berhenti. Ini penting untuk segera mendapatkan bala bantuan, untuk membuat komitmen publik."
Para peneliti menganalisa data dari 22 percobaan yang mana perokok terdaftar di web atau program komputer untuk menghentikan merokok, dan perokok yang berhenti tanpa mereka. Percobaan memiliki data hampir 30.000 peserta, termasuk 16.050 orang yang ditugaskan secara acak ke web atau program komputer. Percobaan ini telah dilakukan di Amerika Serikat, Inggris, Australia, Jerman, dan Swiss.

Meskipun nilai penghentian dalam tiga bulan hampir sama antara dua kelompok, para peneliti menemukan bahwa 9,9% yang dikelola untuk menjauh dari merokok selama satu tahun setelah web atau program komputer, dibandingkan dengan 5,7% yang tidak terdaftar di komputer - atau web program.
Data merentang 19 tahun dan termasuk 3 sampai 12 bulan yang berharga untuk menindaklanjuti informasi.
"Saat ini, Web dan program komputer penghentian merokok ini secara umum tidak dianjurkan karena bukti efektivitas mereka tidak konsisten," peneliti studi Seung-Kwon Myung, MD, staf dokter di Smoking Cessation Clinic di National Cancer Center di Korea Selatan, mengatakan dalam rilis berita. "Tapi tinjauan kami pada bukti terbaru menunjukkan bahwa Web dan program komputer memiliki tempat legitimasi dalam opsi perawatan ketergantungan tembakau."
Myung, melakukan penelitian sementara saat mengunjungi cendekiawan di Berkeley, mengatakan program komputer tentu tidak akan menggantikan opsi yang sudah ada, seperti obat atau konseling. Tetapi mereka dapat membantu orang yang tidak mampu untuk membayar biaya perawatan atau yang prihatin terhadap stigma yang terkait dengan mencari pengobatan.
Moskowitz memberitahu WebMD bahwa banyak perokok mungkin lebih memilih komputer atau sistem web melalui tatap muka atau sesi konseling melalui telepon dari orang-ke-orang untuk menghindari malu.
"Beberapa program ini memberikan bala bantuan langsung, dan itu yang penting," ujar Moskowitz. Dan program komputer dapat dengan mudah diterjemahkan ke dalam berbagai bahasa, yang mana berarti mereka dapat dapat memberi keuntungan kepada beragam kelompok orang.
 
 
sumber : http://cilap.blogspot.com/2011/11/komputer-adalah-sekutu-dalam-perlawanan.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar